Kamis, 15 Desember 2011

INSTALASI CMS JOOMLA

  1. Downloads file CMS joomla di www.joomla.org buat folder joomla di direktori software /wampp/www/joomla, extrak fil e joomla di direktori itu.
  2. Buat database dengan menggunakan PhpMyAdmin nama databasenya joomla, tahapannya yaitu :
a. Aktifkan wammp server kemudian buka browser misalnya Mozilla firefox dan ketikan di URL : http://localhost/PhpMyAdmin maka akan muncul gambar di bawah ini, ketik di “create new database “nama database yang akan anda buat, misalnya “joomla” kemudian tekan tombol Create :
clip_image002
Tampilan jika membuat databasenya lancer :
clip_image004
3. Ketikan di url browser alamatnya yaitu : http://Localhost/joomla maka akan muncul seperti gambar di bawah ini, untuk proses pemilihan bahasa yang digunakan misalnya pilih English (US) dan tekan tombol NEXT:
clip_image006
Proses Pre-Installation Check yaitu untuk mengecek proses pra-instalasi untuk semua atribut yang akan di install dan tekan tombol NEXT.
clip_image008
Muncul tampilan installation dan Klik tombol NEXT.
clip_image010
Pada Database configuration untuk username defaultnya root, passwordnya tidak diisi, Database Name yaitu database yang telah kita buat di phpMyAdmin. Contoh misalnya Database type : mysql, host Name : localhost, Username : root, Password: tidak di isi, Database Name : joomla. Setelah selesai tekan tombol NEXT.
clip_image012
Pada FTP configuration klik NEXT.
clip_image014
Pada Mani Configuration, isi Site Name untuk nama websitenya, kemudian email, dan password. Apabila anda ingin menginstall tampilan jommlanya klik tombol Install Sampel Data kemudian klik NEXT.
clip_image016
Proses instalasi joomla selesai, tulisan yang berwarna merah pada gambar di bawah menunjukan untuk melakukan proses delete atau rename salasatu folder yang ada di software joomla yaitu folder installation untuk mengakhiri proses installation dan web bisa muncul :
clip_image018
clip_image020
Maka website bisa tampil klik di URL : http://localhost/joomla/ untu melihat tampilan website default joomla, dan http://localhost/joomla/administrator/ untuk masuk ke administratornya joomla jika akan melakukan configuration lebih lanjut.
clip_image022
clip_image024
Masukan username admin, dan password sesuai password yang dibuat ketika proses installation, dan tekan tombol Login.
clip_image026
Maka muncul :
clip_image028
Untuk mengatasi "Error Loading Feed Data" saya menemukan cara untukmengatasinya yaitu:
1. Login sebagai Administration
2. Klik "Extensions"
3. Klik "Modul Manager"
4. Disable modul "Feed Display" alias mod_feed
5. Kemudian Klik Tab "Administration"
6. Disable "Joomla! Security Newsfeed" alias mod_feed
Dengan demikian mod_feed di sisi Front_End maupun Back-End tidak akan ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
;